(Bukti) Kenapa arus starting star-delta bisa lebih kecil dari DOL?

Posted on February 14, 2011

21


yd


Kita tidak akan pernah bisa memahami starter jenis star-delta kalau tidak bisa menjelaskan mengapa arus starting star-delta bisa lebih kecil daripada saat DOL.

Arus starting motor listrik biasanya adalah sekitar empat hingga tujuh kali lebih besar dari arus nominalnya. Kenapa? Karena motor listrik membutuhkan torsi awal yang besar agar dapat melawan inersianya dan inersia bebannya dari keadaan diam.

Torsi adalah proporsional dengan kuadrat fluks. Fluks adalah perbandingan tegangan dan frekuensi. Tegangan memiliki hubungan sebanding dengan arus. Pada akhirnya, torsi besar berarti akan membutuhkan konsumsi arus yang besar juga.

Nah, berikut adalah pembuktian singkat mengapa arus starting star-delta lebih kecil daripada saat DOL.

Kelihatan dari penurunan persamaan-persamaan di atas bahwa arus star adalah tiga kali lebih kecil dari arus deltanya (rangkaian DOL). Ini juga menandakan bahwa torsi awal saat star akan lebih kecil 1/3 daripada DOL (saat rangkaian delta).

Catatan:

Satu dari beberapa hal yang perlu diingat sebelum memutuskan untuk memilih starter star-delta  adalah pastikan bahwa pengurangan torsi  karena rangkaian star saat starting masih memungkinkan beban bisa diputar oleh motor listrik.  Kontrol ini kurang ekonomis untuk beban yang membutuhkan torsi awal besar dari 40% karena kita harus menggunakan frame size yang lebih besar dari seharusnya.

Semoga bermanfaat :)

Bagi yang ingin belajar starter motor listrik jenis star-delta silahkan mampir di http://taufiqsabirin.wordpress.com/2010/08/03/wye-delta-starter/

About these ads
Posted in: Bagi Ilmu, Control